Kamis, 03 September 2015

SMART BUYER

Zaman sekarang semua kegiatan di iringi dengan internet,mulai hal terkecil maupun terbesar mulai dari para petani hingga para pejabat, Internet menjadi  jendela dunia ,kita tidak perlu kesana kemari  untuk mendapatkan info/pengetahuan dengan ada nya internet kita bisa mencari informasi bahkan menjadi sumber informasi secara online. Mulai dari lowongan pekerjaan,usaha,kesehatan hingga resep resep apapun dapat kita peroleh melalui online.
membeli sesuatu dengan cara online sudah marak apapun jenis barang maupun jasa.Banyak perusahaan dan transaksi secara online yg berhasil walau memiliki toko toko offline(toko fisik) hampir 70% perusahaan perusahan membagi informasi secara online mulai tanya jawab,konsultasi hingga transaksi terjadi secara online untuk mempermudahkan para calon buyer.Namun sebagai calon buyer jadilah smart buyer karna rawan nya penipuan yg terjadi dikalangan penjual maupun pembeli.
Berikut beberapa saran Untuk menjadi SMART BUYER N SMART SELLER,

1) Memesan pada saat Office Hour
 Menurut saya, ini adalah yang paling utama. Setiap onlineshop juga memiliki waktu kerja dan waktu istirahat (biasanya digunakan untuk packing dan shipping). Pembeli harus tahu kapan waktu kerjanya sehingga tidak memesan saat tengah malam, dini hari, atau subuh-subuh.

2) Mengetahui dengan pasti dan jelas ATURAN, CARA ORDER, dan Keterangan
Mengetahui aturan pengiriman dalam kota/luar kota,pembayaran C.O.D ,ketersediaan stok dll wajib di pertanyakan serinci mungkin agar tidak ada kesalah pahaman antara pembeli maupun penjual .Dengan berkembangnya teknologi, ada orang yang mau maju, tapi ada orang yang tidak mau berkembang. Belajarlah untuk peduli terhadap diri sendiri, gali informasi dengan membaca, jadilah SMART BUYER & OWNER.

3) Mengetahui Lokasi Penjual
Sebelum menghubungi penjual, cari tahu terlebih dahulu lokasi penjual, sehingga memudahkan dalam mengetahui ongkos kirim yang harus dibayar jika pesan secara online tersebut. Jika kita sudah mengetahui ongkos kirim, jika sudah yakin bahwa ongkos kirimnya pas atau kita sanggup untuk membayar maka lanjutkan dengan menghubungi penjual. Jangan sekali-kali cancel dengan alasan ongkir mahal. Bukan SMART BUYER BANGET.

4) Menferivikasi Toko
mencari tau latar belakang Toko/Perusahaan dengan banyak cara dimulai dari semua situs situs nya dan alangkah lebih baik bisa menferivikasikan toko fisik,mengecek marketing nya di kantor pusat nya  (jika sebuah perusahaan)

Bisnis online itu diikat oleh kepercayaan, owner harus percaya bahwa buyer mengerti betul kondisi barang yang dijual dan buyer harus percaya bahwa owner menyediakan barang yang sesuai dengan keterangan. Maraknya hit n run, penipuan oleh pembeli atau penipuan oleh penjual, sedikit membuat pelaku bisnis online memiliki keraguan. Ayo, lebih cerdas lagi dalam membeli maupun menjual.
Semoga Bermanfaat dan Mohon Maaf Jika Ada Yang Kurang Berkenan diHati..


Salam marketing PT. Yokatta Makmur Perkasa
 Head Office
ICHA 085281377777 - 085966356541
PIN BB 5D2658DB
Jl. Peta Selatan Ruko Indah 1 Blok B5 Kalideres Jakarta Barat
Factory
Jl. Raya Perancis Dadap ,Kawasan Pergudangan Pantai Indah Dadap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar